7 Suku Yang Ada Di Pulau Jawa

Spread the love

Pulau Jawa adalah wilayah Indonesia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Pulau Jawa juga menjadi pusat perkembangan teknologi dan pendidikan di Indonesia.

Jumlah penduduknya yang sangat padat membuat banyak orang dari berbagai suku tinggal di satu wilayah. Translator bahasa Jawa dari Bocahkampus bisa kamu gunakan sehari-hari untuk berkomunikasi.

Apalagi jika kamu pendatang di pulau Jawa atau kamu kesulitan bahasa Jawa. Karena ada banyak suku di pulau Jawa dengan berbagai macam bahasa daerah yang berbeda.

Suku Asli Pulau Jawa

Indonesia negara yang kaya akan budaya, suku dan agama. Termasuk di pulau Jawa, meskipun banyak pendatang dari luar Jawa tapi suku asli Jawa masih ada di dalamnya.

Kendala bahasa biasanya dirasakan oleh pendatang di pulau Jawa. Berikut ini suku-suku yang ada di pulau Jawa:

  1. Suku Jawa

Salah satu suku terbesar di pulau Jawa adalah suku Jawa yang menempati wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Bahkan suku Jawa juga telah menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Dalam berkomunikasi, suku Jawa biasanya menggunakan bahasa Jawa yang berasal dari bahasa Sansekerta.

Suku Jawa dikenal menjadi masyarakat yang sangat mengutamakan kesopanan dan menjunjung tinggi kesederhanaan.

Semua bisa terlihat dari tutur kata masyarakat Jawa yang lemah lembut. Kamu juga bisa menggunakan translator bahasa Jawa dari Bocahkampus agar bisa berkomunikasi dengan lancar.

  1. Suku Sunda

Suku ini berasal dari wilayah barat pulau Jawa seperti Banten, Jawa Barat, Jakarta dan sekitarnya. Bahasa Sunda juga sangat unik karena memiliki beberapa dialek. Seperti dialek timur, dialek barat, dialek selatan, dialek tenggara.

  1. Suku Tengger

Suku ini mendiami wilayah di sekitar Gunung Bromo di Jawa Timur. Masyarakat suku Tengger masih menjunjung tinggi kebudayaan dan adat istiadat.

Mereka percaya bahwa Gunung Bromo adalah gunung yang suci. Setiap tahunnya masyarakat suku Tengger mengadakan upacara kerohanian yang dinamakan Kasodo.

  1. Suku Madura

Suku Madura memiliki bahasanya sendiri yang biasa menjadi bahasa utama mereka setiap hari. Tidak hanya berada di pulau Madura, persebaran suku ini sudah mencapai beberapa wilayah di Indonesia.

  1. Suku Betawi

Suku Betawi menempati wilayah Jakarta dan sekitarnya. Suku ini berasal dari adanya perkawinan silang antara etnis Belanda pada jaman colonial.

Suku Betawi dikatakan sebagai pendatang karena masyarakat Betawi sebenarnya berasal dari suku-suku lain di Indonesia seperti Sunda, Melayu, Jawa, Ambon, Tionghoa dan Bali.

  1. Suku Osing

Suku Osing merupakan sub suku Jawa. Suku ini berasal dari Banyuwangi dan sangat terkenal dengan keramahannya.

Masyarakat suku Osing sangat menjunjung tinggi keramahan, gotong royong dan penurut. Bahkan mereka dikenal sebagai Wong Blambangan.

Bahasa suku Osing adalah bahasa Osing yang merupakan turunan dari bahasa Jawa Kuno. Tetapi dialek bahasa Osing sangat jauh berbeda dengan bahasa Jawa yang sering kita dengar.

Kamu bisa menggunakan translator bahasa Jawa dari Bocahkampus agar bisa memahami bahasa mereka.

  1. Suku Baduy

Suku Baduy berada di Banten. Mereka berbahasa sunda dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi jika mereka bertemu orang luar, maka mereka berbahasa Indonesia.

Suku Baduy juga dibagi menjadi dua yaitu Baduy dalam dan Baduy luar. Mereka adalah masyarakat asli Indonesia yang sampai saat ini masih menjunjung tinggi adat istiadat.

Itulah beberapa suku-suku yang ada di pulau Jawa. Mari banyak belajar agar kita bisa terus menghormati dan menghargai suku bangsa lainnya.